Struktur Organisasi

Struktur organisasi Fakultas Pertanian Unmuh Jember mengacu pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 30 tahun 1990 tentang Pendidikan Tinggi dan SK. PP Muhammadiyah Nomor : 02/PED/I.0/B/2012 tanggal 16 April 2012/24 Jumadil Awal 1433 H. tentang Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Unsur-unsur pimpinan Fakultas meliputi Dekan, satu orang Pembantu/Wakil Dekan dan ketua-ketua Jurusan/Program Studi. Adapun Organisasi di Fakultas Pertanian Unmuh Jember mempunyai struktur  sebagai berikut:

1.     Senat Fakultas merupakan organisasi normatif yang keanggotaannya terdiri dari Dekan selaku Ketua, Pembantu Dekan, dosen tetap persyarikatan dan dosen tetap Kopertis. Senat Fakultas adalah perwakilan tertinggi di lingkungan Fakultas yang memiliki kewenangan menjabarkan kebijakan dan peraturan Universitas untuk Fakultas. Masa  tugas dan unsur-unsur pimpinan serta anggota senat merujuk pada peraturan perundangan yang berlaku. Secara umum tugas-tugas pokok Senat Fakultas Ilmu-Ilmu Pertanian adalah sebagai berikut :

a.   Merumuskan kebijakan akademik di tingkat Fakultas Ilmu-Ilmu Pertanian

b.   Merumuskan norma dan tolok ukur pelaksanaan penyelenggaraan Fakultas Ilmu-Ilmu Pertanian

c.    Memberi masukan kepada Pimpinan Fakultas Ilmu-Ilmu Pertanian terkait pengembangan Fakultas

d.   Memberi pertimbangan atas usulan calon dekan kepada Rektor

2.     Fakultas Pertanian Unmuh Jember dipimpin oleh seorang Dekan yang bertanggung jawab langsung kepada Rektor Unmuh Jember. Dekan diangkat oleh Rektor dengan memperhatikan usul dan saran dari Senat Fakultas Pertanian Unmuh Jember untuk masa jabatan 4 (empat) tahun dan dapat dipilih kembali untuk masa bakti empat tahun berikutnya atau sebanyak-banyak dua kali periode masa jabatan. Dekan Fakultas Pertanian memimpin penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat, membina tenaga kependidikan, mahasiswa, tenaga administrasi Fakultas, dan bertanggung jawab kepada Rektor. Dekan di dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh Wakil Dekan yang diangkat oleh Rektor dengan mempertimbangkan usul dan saran Dekan serta Senat Fakultas Pertanian Unmuh Jember untuk masa jabatan 4 (empat) tahun dan dapat dipilih kembali untuk masa bakti empat tahun berikutnya atau sebanyak-banyak dua kali periode masa jabatan.

3.     Wakil Dekan memiliki tugas dan tanggung jawab dalam tiga bidang, yaitu : Bidang Akademik, membantu Dekan dalam memimpin pelaksanaan pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat; Bidang Keuangan & Administrasi Umum/pengajaran, membantu Dekan dalam memimpin pelaksanaan kegiatan di bidang keuangan dan administrasi umum/pengajaran; dan Bidang Kemahasiswaan, membantu Dekan dalam bidang pembinaan dan pengembangan serta pelayanan kepada mahasiswa dan jaringan alumni.

4.     Ketua Jurusan merangkap  Ketua Program Studi, jabatan 4 (empat) tahun, sedangkan Badan-badan lain diangkat oleh Dekan untuk masa jabatan 4 (empat) tahun, dan dapat diangkat kembali sebanyak-banyaknya untuk masa jabatan kedua. Jurusan merupakan unit penyelenggara pendidikan yang membawahi satu atau beberapa Program Studi. Jurusan dipimpin oleh seorang ketua dan sekretaris Jurusan. Masa tugas dan prosedur pemilihan mengacu pada peraturan perundangan dan Statuta Universitas serta PP Muhammadiyah. Jurusan/Program Studi (Prodi) merupakan satuan penyelenggara akademik di lingkungan Fakultas Pertanian yang di bawah koordinasi Dekan yang dibantu Wakil Dekan. Program studi di lingkungan Fakultas Pertanian terbagi dalam dua Prodi dengan SK Dirjen DIKTI yaitu Program Studi Agroteknologi dan Agribisnis. Program Studi dipimpin oleh seorang ketua dengan Tugas pokok sebagai berikut :

a.     Membuat laporan evaluasi akademik setiap satu semester dan disampaikan kepada Jurusan serta dekan c.q. Wakil Dekan

b.     Mengelola kegiatan akademik di tingkat Program Studi

c.     Membimbing dan mengarahkan kegiatan akademik mahasiswa bekerja sama dengan Penasehat Akademik

d.     Mengembangkan kompetensi lulusan melalui kurikulum yang dilaksanakan

e.     Bertanggung jawab dan berkonsultasi dengan Dekan dan Wakil Dekan dalam setiap kegiatan akademik dan kemahasiswaan

5.  Laboratorium merupakan perangkat penunjang utama dalam kegiatan akademis. Laboratorium dipimpin oleh seorang kepala dan sekretaris/Teknisi atas usulan hasil rapat tingkat Jurusan/Prodi. Melalui ketua Prodi usulan tersebut disampaikan  kepada Dekan untuk diusulkan kepada Rektor tentang SK. pengangkatan Kepala dan Sekretaris/Teknisi laboratorium. 

Hubungi Kami

Address :

Jl. Karimata No. 49 Jember - Jawa Timur - Indonesia

Phone & Fax :

(0331) 336728 | 337957

Email :

kantorpusat@unmuhjember.ac.id